Pages

Subscribe:

Minggu, 13 November 2011

Dengan Nano-SIM, Ukuran "SIM Card" Makin Imut Saja

KOMPAS.com - Tak lama lagi, ukuran kartu SIM pada ponsel akan menjadi lebih kecil. Ini berkat teknologi bernama nano-SIM yang diumumkan oleh perusahaan asal Jerman,  Giesecke & Devrient (G&D).
Nano-SIM memiliki ukuran sekitar 12 x 9 mm (kurang lebih setengah inchi) atau hanya 30 persen dari ukuran micro-SIM yang digunakan pada iPhone 4 dan iPad. Nano-SIM merupakan SIM Card terkecil selama 20 tahun terakhir.
Jika dibandingkan SIM Card saat ini, nano-SIM juga lebih tipis 15 persen. Sedangkan dari sisi ukuran, dibandingkan SIM Card 'normal', nano-SIM lebih kecil 60 persen.  
Dengan ukuran SIM Card yang lebih mini, produsen ponsel bisa membuat desain untuk mencakup hal-hal lain ke dalam ponsel. Mulai dari memori, baterai hingga fitur tambahan lain. G&D berharap tahun 2012 sudah ada ponsel yang menggunakan nano-SIM.
G&D telah mengirimkan sampel nano-SIM ke beberapa operator telekomunikasi. Diharapkan nano-SIM bisa meraih standardisasi European Telecommunications Standards Institute (ETSI) pada akhir 2011.
Apple dikatakan ikut berperan dalam pengembangan nano-SIM. Bahkan, pada Mei 2011, Apple sudah mengajukan rencana menggunakan SIM Card yang lebih kecil dari sekarang. Mungkinkah nano-SIM dipakai di iPhone yang akan datang?
G&D mengatakan, nano-SIM bisa dipakai di ponsel yang ada saat ini dengan bantuan adapter. SIM Card ini akan dipamerkan dalam pameran Cartes & Identification 2011, 15 November 2011 di Paris.




sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar