Pages

Subscribe:

Senin, 14 November 2011

Topologi RIP (Routing Information Protocol)

RIP merupakan Interior Gateway Protocol (awalnya didefinisikan olehRFC 1058 (90K file teks) adalah protokol routing yang paling diterima secara luas. Hal ini juga dikenal dengan nama program daemon Unixrouted , yang awalnya dirancang di UC Berkeley untuk menyediakan routing yang konsisten dan reachability informasi antar mesin pada area lokal ne twork RIP popularitas tidak selalu didasarkan pada manfaat teknis, tapi mungkin hasil. karena UC Berkeley didistribusikanrouted bersama dengan mereka yang populer 4.x sistem UNIX BSD. Jadi, situs internet dan diinstal banyak mengadopsi routed dan mulai menggunakan RIP bahkan tanpa mempertimbangkan manfaat dan keterbatasan teknis. Setelah terinstal dan berjalan, itu menjadi dasar untuk routing lokal.
RIP mudah: itu mengatur untuk memiliki router menyiarkan routing seluruh database yang saat ini mereka secara berkala, biasanya setiap 30 detik. Pesan ini berisi daftar setiap tujuan bersama dengan jarak ``''dengan tujuan diukur dalam jumlah hop router. RIP juga dikenal sebagai algoritma routing distance-vector, yang berarti bahwa ada jarak (biaya) dan vektor (arah) untuk setiap tujuan (vektor hanya menunjukkan nama dari router tetangga, bukan seluruh jalan) .
Sebagai algoritma jarak berbasis vektor, RIP bekerja baik untuk kecil, stabil jaringan berkecepatan tinggi. Alih-alih melewati sepanjang status link ke jaringan, router tetangganya menceritakan tentang seluruh dunia, di mana''`` link yang terbaik adalah precomputed, tidak selalu yang tercepat. Di sini, `` terbaik''berarti rute dengan sedikitnya jumlah hop gateway, relatif terhadap tabel routing aktif.
Di masa ketidakstabilan jaringan - karena setiap router menyiarkan seluruh tabel routing - dibutuhkan waktu bagi negara-negara untuk berkumpul menjadi pandangan umum dari topologi jaringan. Secara khusus, RIP tidak membahas baik jenis utama dari masalah:

  • Tidak ada perlindungan dari routing loops dalam jaringan berbasis RIP. Oleh karena itu, pelaksanaannya harus percaya semua peserta jaringan untuk mencegah loop tersebut.

  • RIP menggunakan jumlah hop 15 lakukan menunjukkan tak terhingga, yang membuatnya tidak cocok untuk jaringan besar.

  • RIP memiliki konvergensi lambat sehingga disebut atau menghitung-to-infinity masalah, di mana inkonsistensi muncul karena pesan routing update merambat perlahan di seluruh jaringan. P articularly, dalam jaringan yang besar (atau jaringan dengan link lambat), beberapa router mungkin masih mengiklankan rute yang telah lenyap. (Itu, by the way, adalah salah satu alasan 15 dipilih sebagai nilai tak terhingga untuk membatasi konvergensi lambat).
Konvergensi yang lambat dapat diatasi dengan teknik yang disebut tahan, yang memaksa router untuk mengabaikan informasi tentang jaringan untuk suatu periode waktu tertentu (biasanya, 60 detik).Idenya adalah untuk menunggu cukup lama sehingga semua mesin menerima berita buruk dari link lenyap dan tidak keliru menerima informasi usang. Kerugian dari teknik ini adalah bahwa rute tidak benar dan routing loop akan dipertahankan untuk durasi tahan, bahkan ketika jalan alternatif yang valid tersedia.
Pendekatan lain, yang lebih populer untuk mengatasi masalah konvergensi yang lambat adalah teknik yang dikenal sebagai split horizon update. Teknik ini banyak digunakan oleh vendor router.Dengan split horizon, router mencatat antarmuka di mana mereka menerima ROU te tertentu dan tidak menyebarkan lebih tinggi-biaya rute kembali ke antarmuka yang sama. Namun, split horizon tidak menyelesaikan masalah konvergensi yang lambat untuk semua topologi. Hal ini juga memperkenalkan masalah untuk jaringan frame relay yang tidak akan mengizinkan konektivitas menyatu penuh untuk jaringan sebagian menyatu.
RIP memungkinkan penggunaan subnet mask dengan informasi statis didefinisikan dalam router. RIP tidak memiliki ketentuan untuk bertukar informasi subnet mask antara router. Router di jaringan anda harus menggunakan masker subnet yang sama dan RIP untuk membuat IP datagrams perjalanan dari sumber ke tujuan dalam jaringan Anda. Ini adalah batasan teknis lain RIP. Misalnya, dengan frame relay, jaringan seluruh frame relay dapat diberikan satu subnet, tetapi seperti telah disebutkan di atas, karena teknik split horizon tidak akan mengizinkan konektivitas antara dua lokasi remote melalui sebuah router berbasis terpusat, dan memerlukan definisi eksplisit dari tambahan rute untuk semua situs remote.
Jika subnet mask tidak konstan i na RIP jaringan berbasis, menjadi mustahil untuk router untuk membedakan antara bagian jaringan dan bagian host karena RIP tidak dapat secara dinamis mengupdate atau mengubah subnet mask. Oleh karena itu salah satu masker harus digunakan di seluruh subnetwork. Jika subnet mask variabel yang dibutuhkan, rute statis atau routing protokol yang lebih canggih, misalnya, OSPF, harus digunakan.

  • Routing protokol distance vector,
  • Metric berdasarkan pada jumlah lompatan (hop count) untuk pemilihan jalur,
  • Jika hop count lebih dari 15, maka paket dibuang,
  • Update routing dilakukan secara broadcast setiap 30 detik.

1. RIP Versi 1

  • Dokumen –> RFC1058.
  • RIP V1 routing vektor-jarak yang dimodifikasi dengan triggered update dan split horizon dengan poisonous reverse untuk meningkatkan kinerjanya.
  • RIP V1 diperlukan supaya host dan router dapat bertukar informasi untuk menghitung rute dalam jaringan TCP/IP.
  • Informasi yang dipertukarkan RIP berupa :
    a. Host
    b. Network
    c. Subnet
    d. Rutedefault

2. RIP Versi 2

  • Enhancement dari RIP versi1 ditambah dengan beberapa kemampuan baru,
  • Algoritma routing sama dengan RIP versi1,
  • Bedanya terletak pada format dengan tambahan informasi yang dikirim,
  • Kemampuan baru :
a. Tag –> untuk rute eksternal.
b. Subnet mask.
c. Alamat hop berikutnya.
d. Autentikasi.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Algoritma Routing', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/763/1/A105-109_ZUHERMANHYPERCUBE.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus